×
STUDILMU Career Advice - 3 Kiat Cara Berpakaian untuk Wawancara Kerja di Perusahaan Tradisional
Resume & Interviewing

3 Kiat Cara Berpakaian untuk Wawancara Kerja di Perusahaan Tradisional

STUDILMU Users By Susanti Yahya

Jika Anda memahami cara berpakaian untuk mengikuti wawancara kerja di perusahaan besar dapat menjadi hal yang mengintimidasi jika Anda tidak pernah memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Lagi pula, sebuah perusahaan biasanya sangat konservatif sehingga perlu mengarahkan diri Anda dalam memilih pakaian dan tampak sedikit menantang pada awalnya. Namun, dengan sedikit riset, Anda dapat memilih pakaian yang sempurna dan tetap merasa seperti diri Anda sendiri.
 
Berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat ketika Anda ingin berpakaian untuk wawancara di sebuah perusahaan.
 

1. Kenakan sepatu yang tepat

Mengenakan alas kaki yang layak adalah suatu keharusan untuk semua wawancara di perusahaan manapun. Ini berarti memakai sepatu yang nyaman tetapi terlihat bagus, bersih dan profesional tetapi tidak berlebihan. 
 
Sepatu merupakan hal yang potensial untuk menggambarkan seseorang - apakah Anda rapi dan rapi (digambarkan melalui sepatu yang bersih dan mengkilap), atau tidak rapi (digambarkan melalui sepatu yang kotor dan usang). Seringkali orang melihat alas kaki sebagai gambaran sekilas tentang siapa Anda. Jadi pastikan Anda bersih, tampak profesional, dan tetap merasa nyaman.
 

2. Tetap konservatif

Anda mungkin pernah mendengar tentang pakaian bisnis yang santai dan kasual, tetapi seperti apakah pakaian yang terlihat konservatif? Jika digambarkan dengan satu kata: jas. Jas harus berwarna netral, dengan kemeja berkancing beserta dasi untuk pria dan atasan yang bagus untuk wanita. Wanita juga bisa mengenakan gaun dengan blazer atau setelan rok jika mereka merasa lebih nyaman.
 
Jangan merasa khawatir jika Anda kesulitan untu memilih pakaian yang tepat tambahkan aksesoris. Untuk pria, dapat berupa dasi warna-warni atau kaus kaki yang menyenangkan, dan untuk wanita berupa perhiasan atau syal. Jangan ragu untuk mencampur warna yang lebih cerah di antara nada yang lebih netral. Namun, pastikan untuk membuatnya tetap tidak mencolok.
 

3. Jangan takut untuk bertanya

Bahkan jika Anda merasa nyaman dengan pakaian yang Anda pilih pada saat wawancara, tidak ada salahnya untuk bertanya hanya untuk memastikan. Hubungi kontak perusahaan yang mengundang Anda untuk wawancara, apakah itu manajer perekrutan atau staffnya. Anda dapat mengatakan sesuatu seperti, "Apakah Anda memiliki pakaian khusus untuk sesi wawancara?" Karena mereka sering menghadapi pertanyaan ini, mereka akan memberi Anda beberapa tips untuk menampilkan hal terbaik pada diri Anda ke depan dan memastikan bahwa anda kembali percaya diri dan berpakaian rapi pada hari wawancara Anda.
 
Meskipun menghadapi wawancara di perusahaan besar dapat terasa menyulitkan, kenyataannya tidaklah sesulit itu. Dengan memilih pakaian yang konservatif yang disesuaikan dengan gaya Anda, Anda akan dapat menetapkan nada yang tepat untuk wawancara dan merasa senang dengan hasil akhir yang diri Anda peroleh.

Featured Career Advice